NUTRISI MAKANAN DAPAT MENCEGAH RAMBUT RONTOK

Kamis, 21 Februari 2013

Rambut rontok pada umumnya disebabkan adanya masalah nutrisi pada tubuh manusia. Oleh karena itu maka harus diimbangi dengan asupan makanan yang sesuai dengan memperhatikan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Anda dapat memilih makanan yang bagus untuk pertumbuhan rambut, diantaranya adalah sebagai berikut ini.
  1. Sayuran Wortel
Wortel untuk mencegah rambut rontok
Sayuran yang berwarna oranye terang ini memiliki banyak betakaroten yang berfungsi untuk regenerasi sel tubuh manusia, termasuk di dalamnya sel rambut. Oleh karena itu dapat mencegah kerontokan rambut. Untuk rambut yang rontok karena ketombe, sayuran ini dapat digunakan sebagai perawatan rambut. Kandungan wortel juga menjaga kealamian kulit kepala. Wortel dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dalam makanan.

  1. Buah Pisang
pisang untuk mencegah rambut rontok
Buah ini merupakan kesukaan semua orang karena bertekstur lembut dan berasa manis atau sedikit asam. Buah ini banyak mengandung vitamin B yang membuat folikel rambut menjadi lebih sehat. Jika folikel rambut sehat, maka aliran darah ke kulit kepala akan lancar dan kerontokan rambut dapat diatasi.
  1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan
Makanan yang biasa dijadikan cemilan ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan rambut. Kandungannya berupa protein, biotin dan seng dapat menjadi nutrisi yang baik oleh rambut. Mengkonsumsi kacang juga tidak menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi kacang tanpa khawatir.
  1. Ikan air tawar dan air laut
air
Ikan mengandung lemak omega 3 yang merupakan kunci dari rambut yang sehat. Lemak omega 3 dapat menguatkan akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Kandungan dalam minyak ikan ini dapat membuat rambut memiliki warna alami yang sempurna.
  1. Telur dan susu
telur dan susu
Bahan makanan yang satu ini mengandung protein yang tinggi. Tentu saja akan bermanfaat untuk perkembangan rambut anda sebagai salah satu penyusunnya. Dengan konsumsi telur dan susu maka rambut akan menjadi lebih elastis, sehingga tidak mudah rontoh dan patah.
  1. Sayuran hijau
sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung zat hijau atau klorofil yang baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada sayuran hijau bermanfaat menjaga kesehatan rambut dan membuatnya berkilau. Contoh sayuran hijau adalah bayam dan brokoli.
  1. Buah Jeruk
jeruk pencegah rambut rontok
Jeruk tidak hanya mengandung vitamin C yang banyak saja. Namun ternyata juga bermanfaat untuk rambut anda. Vitamin C berfungsi membentuk kolagen yang penting bagi pertumbuhan rambut secara keseluruhan dan memelihara kesehatannya.
  1. Daging sapi dan kerang
daging sapi
Meskipun makanan yang satu ini mengandung banyak kolesterol, namun tidak mengapa jika dikonsumsi secara jarang dan tidak berlebihan. Zat yang penting dalam kedua bahan makanan ini adalah protein, zat besi dan seng yang berfungsi mengatur kelenjar pada kantung rambut atau folikel. Kandungan protein pada daging sapi sangat diperlukan dalam pembentukan sel rambut. Selain itu seng juga bermanfaat untuk mengatur kadar hormon supaya seimbang sehingga kondusif untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

0 komentar:

Posting Komentar