Cara mengatasi rambut rontok

Kamis, 21 Februari 2013

Masalah rambut rontok sebenarnya bukan hal yang besar. Rambut manusia memang akan mengalami rontok pada waktunya, normalnya adalah 100 helai per hari. Rambut akan rontok jika folikel rambut berhenti memproduksi sel penumbuh rambut. Hilangnya rambut ini tidak sekaligus, namun bertahap. Semakin hari semakin banyak dan menyebar ke berbagai bagian kulit kepala. Rambut di kulit kepala kita ada kurang lebih 100.000 helai. Pada kulit yang sehat, rambut yang rontok akan segera tergantikan secepat mungkin. Rambut adalah bagian tubuh yang paling cepat tumbuh, menempati urutan kedua setelah sumsum tulang.

Rambut yang sehat bisa bertahan selama 4-7 tahun dengan tumbuh ½ inci tiap bulannya. Masalah kerontokan rambut dapat terjadi jika rambut sangat rapuh dan mudah terlepas dari akarnya. Pria lebih rentan terkena masalah rambut rontok daripada wanita akibat faktor keturunan. Namun saat ini wanita juga sering bermasalah dengan rambutnya akibat dari rekayasa yang bermacam pada rambutnya. Kerontokan rambut normal terjadi pada rentang usia 35-50 tahun. Kerontokan rambut yang bermasalah dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa muda.
Cara mengatasi rambut rontok dan mengenal penyebabnya

Penyebab rontoknya rambut

Rambut rontok memiliki berbagai macam penyebab, namun pada dasarnya penyebab rambut rontok ada dua macam faktor, yakni:
  1. Faktor keturunan atau heriditer dimana kerontokan rambut diperoleh secara turun temurun. Untuk yang satu ini, tidak ada cara lain mencegah rontoknya rambut. Hany saja bisa dilakukan pencegahan supaya rontoknya rambut tidak berjalan secara cepat.
  2. Faktor dapatan yang mana kerontokan rambut adalah hal yang terjadi akibat penyakit maupun kesalahan dalam perawatan rambut.
Bagaimanapun tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menghindari dua faktor tersebut. namun bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan atau setidaknya mengurangi rambut rontok. Cara yang paling mudah adalah melakukan perawatan rambut yang benar dan olahraga secara teratur karena kesehatan rambut dipengaruhi oleh kesehatan tubuh kita.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok

Mengingat pentingnya rambut sebagai penunjang penampilan, anda seharusnya menjaga dan menghindarkan rambut dari kerusakan dan kerontokan. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk melakukan hal tersebut.
  • Cukupi asupan makanan bergizi dan kaya kandungan protein serta zat besi.
  • Hindari stres karena dapat merusak rambut yang disebabkan metabolisme tubuh yang tidak lancar.
  • Hindari penggunaan obat yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut.
  • Olahraga yang teratur adalah cara tepat merawat rambut. Olahraga mampu memperlancar peredaran darah kulit kepala dan memberikan nutrisi kepada rambut.
  • Istirahat yang cukup dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut anda.
  • Kurangi bahkan hindari konsumsi kafein dan rokok karena keduanya kurang baik bagi pertumbuhan rambut.
  • Jangan keramas menggunakan air panas.
  • Hindari penggunaan hair dryer atau pengering rambut. Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut, sisanya biarkan kering alami.
  • Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah.
  • Hindari terpaparnya kulit kepala terhadap sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.
  • Gunakan shampo dari bahan herbal yang lebih ramah rambut daripada shampo berbahan kimia.
  • Kurangi penggunaan minyak rambut, baik berupa gel atau krim, juga kurangi hair spray dan pewarna rambut.
  • Gunakan gunting yang tajam saat anda memotong rambut.
  • Hindari kebiasaan menarik rambut tanpa alasan yang jelas.

Penyebab rambut rontok lebih detail

Selanjutnya kita akan membedah lebih detail tentang penyebab rambut rontok bermasalah. Selain faktor keturunan, ada faktor dapatan yang menyebabkan rambut rontok. Faktor-faktor tersebut bisa disimak dibawah ini.

Efek samping dari perawatan medis dan konsumsi obat

Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, diantaranya:
  • obat asam urat (allopurinol)
  • obat antikoagulan (kumarin dan heparin)
  • obat antikonvulsan (trimethadione)
  • obat Parkinson (levodopa)
  • obat penurun kolesterol (clofibrate dan gemfibrozil)
  • obat antidepresan (tricyclics dan amfetamin)
  • obat-obatan dari vitamin A (isotretinoin dan etretinate)
  • obat ulkus (cimetidine dan ranitidine)
  • obat antitiroid agen (carbimazole, yodium, tiosianat, dan thiouracil)
  • obat beta blocker (atenolol, metoprolol, nadolol, dan propanolol)
  • obat antiarthritics (auranofin, indometasin, naproxen, sulindac, dan metotreksat)

penyebab rambut rontok  – Stres dan depresi bisa

Jika seseorang mengalami rambut rontok pada saat dalam keadaan psikis yang rendah, dibawah tekanan atau pada saat mengalami trauma, maka kerontokan rambut tersebut merupakan reaksi tubuh terhadap keadaan psikologi anda. Seorang yang mengalami stres, banyak folikel rambutnya yang melakukan tahap istirahat. Akibatnya beberapa bulan kemudian folikel-folikel tersebut akan melepaskan rambut dalam jumlah banyak dan serentak. Akibat dari stres ini adalah kerontokan tidak terjadi secara langsung. Stres pada bulan lalu dapat menyebabkan kerontokan rambut pada bulan ini. Banyak orang tidak menyadari hal ini karena menganggap stres dan kondisi psikis mereka sudah membaik. Rambut baru akan tumbuh menggantikan rambut rontok tersebut beberapa bulan kemudian.

penyebab rambut rontok – Kekurangan protein dan zat besi

Rontoknya rambut akibat kekurangan protein, mirip seperti rontoknya rambut akibat stres, yakni baru terasa beberapa waktu kemudian. Kekurangan protein ini dapat berakibat tubuh menghemat pemakaian protein dengan menempatkan rambut pada fase istirahat dan akhirnya rontok dalam beberapa bulan kemudian. Kekurangan zat besi umumnya terjadi pada perempuan, terutama pada saat masa menstruasi dan hamil. Jika diperlukan, konsumsi suplemen zat besi supaya rambut tetap sehat dan kuat.

penyebab rambut rontok – Kehamilan, persalinan dan penggunaan pil KB

Seperti disebutkan diatas, pada masa kehamilan rambut rontok karena kekurangan zat besi, sedangkan pada masa persalinan rambut rontok akibat rambut mengalami fase istirahat yang rontok dalam jumlah banyak beberapa waktu kemudian. Beberapa jenis pil KB juga dapat menyebabkan rambut menipis, apalagi pada wanita yang memiliki faktor keturunan rambut yang mudah rontok. Untuk masalah ini, anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan.

penyebab rambut rontok – Terjadi infeksi pada kulit kepala

Kulit kepala yang kotor akan mudah dihinggapi berbagai penyakit seperti kurap, ketombe dan sebagainya. Infeksi pada kulit kepala akan mempengaruhi kesehatan akar rambut. Jika infeksi dapat disingkirkan, maka rambut akan tumbuh normal kembali seperti biasanya.

penyebab rambut rontok  – Perawatan yang tidak tepat

Perlakuan terhadap rambut yang tidak tepat dapat menyebabkannya mudah rontok, seperti misalnya:
  • Mengikat rambut terlalu kencang sehingga rapuh dan mudah rontok.
  • Penggunaan pengering rambut, pelurus dan pengeriting rambut. Udara panas pada alat tersebut dapat merusak protein dalam rambut dan menyebabkannya pecah-pecah.
  • Menyisir rambut dengan cara yang kasar.
  • Mengenakan penutup kepala seperti jilbab, topi, jubah dan sebagainya saat rambut dalam keadaan basah.
  • Terlalu sering memberikan bahan kimia pada rambut seperti mewarnai dan meluruskan.

1 komentar:

  1. SEO Jakarta mengatakan...:

    Terima Kasih Atas Informasi Tips Rambut Bagi Wanitanya :)
    Semoga Rambut Kita Sehat, Tidak Rontok, Bebas Botak, dan Menambah Rasa Percaya Diri
    Ini artikel untuk bisa Percaya Diri dengan Rambut Sehat

Posting Komentar