BAHAYA MINUMAN BERSODA BAGI KESEHATAN

Kamis, 21 Februari 2013

Minuman Bersoda

Siapa yang tidak kenal minuman menyegarkan ini. Minuman bersoda sangat cocok jika diminum dalam keadaan yang dingin pada saat cuaca yang sedang panas. Pokoknya segar banget. Coba bayangkan, siang-siang pulang sekolah atau dari tempat kerja, trus buka kulkas minum minuman bersoda, wah. Atau ketika sedang jenuh menunggu seseorang di suatu tempat, sambil minum deh. minuman bersoda ini bisa menjadi teman menunggu, menghilangkan sedikit kebosanan, meningkatkan sedikit semangat, seperti dalam iklan minuman bersoda di TV TV itu.
bahaya minuman bersoda
bahaya minuman bersoda

Bahaya Minuman Bersoda


Namun seperti pepatah lama mengakatan, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. begitu juga dengan minuman soda ini, meskipun soda ini enak dan menyegarkan, namun apabila diminum secara teratur tiap hari dampaknya tidak baik bagi tubuh, minuman soda bisa berbahaya bagi tubuh dan sangat beresiko menumbulkan berbagai macam penyakit.

Seperti yang ditulis oleh doktersehat, Berikut ini penyakit yang ditimbulkan dari keseringan minum minuman bersoda :

Bahaya minuman bersoda untuk ginjal

Hal ini didasari dari penelitian yang telah dilakukan di Amerika, dari  3256 responden yang sering minum minuman bersoda minimal 2 kali sehari, terdapat 30 persen dari mereka yang mengalami penurunan fungsi ginjal, bahkan sampai mengalami kerusakan ginjal. Jadi minuman bersoda berbahagi bagi ginjal

Bahaya minuman bersoda timbulkan Obesitas

Minuma bersoda memiliki kandungan kalori yang tinggi. salah satu penyebab tingginya obsitas anak-anak di amerika karena mereka terlalu sering mengkonsumsi minuman soda. di sana anak-anak meminum soda seperti meminum air putih setiap hari. Dengan adanya obesitas akan memungkinkan muncul penyakit-penyakit lainnya, seperti stroke, serangan jantung koroner, dan  lain-lain

Bahaya minuman bersoda sebabkan diabetes

Minuman suda memiliki kadar gula yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Resiko terkena diabetes lebih tinggi pada mereka yang sering mengkonsumi minuman bersoda. Tidak jauh berbeda dengan obesitas, diabetes juga bisa membantu memunculkan berbagai penyakit lain seperti stroke, dan kerusakan jantung.

Bahaya minuman bersoda menjadikan Tulang Rapuh

Mengapa minuman bersoda bisa membuat tulang rapuh? karena minuman soda mengandung zat asam fosfat. asam fosfat ini bisa melarutkan kalsium penting yang ada pada tulang. semakin banyak kalsium yang larut, semakin mudah rapuh tulang anda.

Bahaya minuman bersoda sebabkan kerusakan Gigi

Seperti yang disebut di nomor 4, bahwa minuma bersoda mengandung asam fosfat. asam fosfat ini tidak hanya melarutkan kalsium pada tulang, tapi juga pada gigi. Sehingga sangat wajar jika gigi mengalami kerusakan karena terlalu sering mengkonsumsi minuman soda.

Bahaya minuman bersoda sebabkan Kanker Pankreas

Hal ini di dasari dari penelitian di Amerika Seringkat, penelitian terhadap 60524 responden,  mereka  yang minum minuman bersoda selama 14 tahun,  87 persen dari mereka memiliki risiko kanker pankreas. Hal itu juga terlihat dari gejala-gejala yang dialami sebagian besar responden.

Reesiko kecandungan Kafein

Minuman bersoda juga ditambahkan kafein, sehingga bisa menimbulkan efek kecanduaan bagi mereka yang mengkonsumsi terlalu sering. Selain itu, meskipun kafein juga memiliki banyak manfaat positif, namun manfaat negatifnya juga tidak kalah banyak. Kafein bisa membuat jantung berdebar, susah tidur, tekanan darah, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar