Manfaat berjemur di pagi dan sore hari bagi kesehatan

Kamis, 21 Februari 2013

Manfaat berjemur bagi kesehatan
Beruntung bagi kamu yang bisa mengawali aktifitas pagi dengan paparan matahari. karena memang paparan matahari pagi dan sore memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Bagi yang aktifitasnya sering di tempat yang tertutup, dan tidak ada waktu untuk terkena paparan matahari. Luangkan waktu sekiar 5 – 10 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari, demi mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh kamu.

Manfaat berjemur bagi kesehatan

Meskipun terlihat sepele dan sederhana, namun berjemur di pagi atau disore hari memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata, khususnya dalam menyuplai vitamin D bagi tubuh kita. Dengan aktifitas berjemur di bawah matahari memungkinan Provitamin D yang ada di bawah kulit dapat diubah dengan mudah menjadi Vitamin D tanpa dipungut biaya sepeserpun.
Vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari dapat membantu penyerapan kalsium yang bermanfaat untuk kepadatan tulang dan kekuatan gerakan otot.   Dengan vitamin D yang tercukupi dapat menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Selain itu Vitamin D  juga turut memperbaiki sistem pernapasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Bahkan manfaat berjemur di bawah matahari lebih dari itu. Berdasarkan hasil penemuan seorang ilmuan di Australia, baru baru ini diketahui bahwa paparan sinar matahari dapat juga melindungi kulit dari kerusakan DNA, bahkan, resiko kerukakan DNA bisa diturunkan sampai setengahnya.
Munculnya efek penuaan dini dan bintik-bintik hitam di wajah merupakan beberapa contoh dari kerusakan DNA pada kulit. Dengan melakukan aktifitas berjemur, memungkinkan vitamin D akan terbentuk pada jaringan kulit serta bisa mencegah efek yang timbul dari kerusakan DNA.
Berdarkan informasi dari Times of India, Menurut hasil studi lain ditemukan juga bahwa jika kekurangan paparan sinar dapat mengurangi vitamin D subtansial yang ada pada tubuh. Jika hal itu terjadi makan tubuh kita akan mudah terserang penyakit. Penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker payudara, multiple sklerosis, diabetes, penyakit jantung, depresi juga berkaitan dengan kekurangan vitamin D.

Berapa lama dan Kapan waktu yang tepat untuk berjemur

Waktu yang tepat untuk berjemur agar mendapatkan vitamin d yang baik bagi tubuh adalah ketika pagi atau sore hari. Pada saat pancaran sinar matahari tidak terlalu menyengat di kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari ini hanya perlu waktu sekitar 5 – 10 menit. Namun ketika musim hujan, dianjurkan untuk berjemur lebih lama lagi yaitu sekitar 10 – 30 menit setiap hari. Sementara itu bagi yang memiliki kulit warna gelap dianjurkan lebih lama lagi, yaitu sekitar 15 – 60 menit setiap harinya.
Melihat manfaat berjemur sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, sudah sewarjarnya kita meluangkan waktu untuk berjemur, apalagi matahari sampai saat ini masih terus gratis. Namun jangan lupa, sebagai manusia yang beradap, ketika berjemur gunakan pakaian yang sopan. Berjemur tidak harus telentang menggunakan pakaian dalam seperti orang eropa. Tapi dapat juga ketika sambil aktifitas jalan kaki, menyapu halaman dan lain-lain dengan menggunakan pakaian yang sopan.

8 komentar:

  1. waylemon mengatakan...:

    terimakasih infonya.. sinar matahari pagi memang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

  1. Unknown mengatakan...:

    SAYA SENGAJA CARI ARTIKEL INI, KARENA HANYA ADA WAKTU SORE HARI. TERNYATA MANFAATNYA SAMA DENGAN PAGI HARI. MATUR NUWUUUUNNN ..

  1. Unknown mengatakan...:

    Terimakasih infonya.ternyata matahari sore bagus jg ..

  1. gercyana mengatakan...:

    sinar matahari pagi sebelum jam 9 dan sote setelah jam 4 mmg bagus banget,, saya sudah merasakan efek positifnya, badan dan tulang2 lebih segar rasanya... pegal2 juga berkurang.. sambil jalan pagi jam 7an sambil mandi sinar matahari pagi... nikmat Tuhan yang patut disyukuri..

  1. Unknown mengatakan...:

    Tp menurut artikel lain justru manfaat sinar matahari waktu 10pagi sampai jam 3 sore.. apa betul?

  1. Unknown mengatakan...:

    Tp menurut artikel lain justru manfaat sinar matahari waktu 10pagi sampai jam 3 sore.. apa betul?

  1. Unknown mengatakan...:

    Berjemur pagi hari akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda, seperti yang sudah disebutkan pada artikel diatas. Mungkin selama ini Anda ragu berjemur di bawah matahari pagi karena belum mengenal beragam manfaatnya. Untuk memantapkan anda, berikut ini saya akan berikan beberapa manfaat sinar matahari pagi.

  1. just Vina mengatakan...:

    menurut saya itu tergantung iklim negaranya.
    kita di negara tropis tentu lebih banyak mendapatkan sinar matahari, kebalikan dari negara non tropis.
    selain itu, perhatikan dampak global warming dimana lapisan ozon semakin menipis sehingga sinar matahari yang masuk jadi lebih menyengat.
    maka saya setuju kalau sebaiknya berjemur itu sebelum jam 9 pagi dan sesudah jam 3 sore.

Posting Komentar