MANFAAT WORTEL SEBAGAI OBAT HERBAL

Kamis, 21 Februari 2013

Manfaat Wortel sebagai obat herbal

Wortel ternyata dapat digunakan untuk menyembuhkan atau menangkal beberapa penyakit. Tentu saja tidak cukup dengan mengonsumsi seperti biasa dalam makanan sehari-hari saja, wortel haruslah diolah secara tepat. Dan yang terpenting adalah wortel yang dikonsumsi haruslah memiliki kualitas baik. Wortel berkualitas baik ditunjukkan dengan warna oranye yang muda dan terang. Manfaat terbaik dari wortel dapat diperoleh jika anda mengetahui cara mengolahnya dengan benar, mengingat kandungan dalam wortel termasuk mudah rusak. Dibawah ini adalah beberapa cara praktis yang bisa anda lakukan pada wortel sebagai penyembuh penyakit. Anda bisa mengimbangi pemakaian obat kimia dengan wortel, setidaknya untuk membantu kinerja tubuh anda.
Manfaat Wortel sebagai obat herbal

Wortel sebagai obat hipertensi

Hipertensi merupakan suatu penyakit degeneratif, dimana penyakit ini sangat lazim dialami oleh mereka yang sudah tidak lagi muda, usia diatas 40 tahun. Wortel ini dapat mengurangi efek atau bahkan menjadi penyembuh bagi penyakit ini. Caranya adalah dengan menyediakan wortel segar sebanyak 500 gram, dicuci bersih lalu dipotong relatif kecil. Masukkan blender dan campur dengan sedikit air matang lalu haluskan. Setelah selesai diblender, maka saring dan bisa segera diminum. Rasanya memang kurang enak, namun anda bisa menambahkan madu murni yang berkhasiat. Ramuan ini harus diminum sebanyak 3 kali sehari.

Wortel untuk mengatasi demam

Demam yang terjadi kurang dari tiga hari tidak perlu dikhawatirkan. Demam ini merupakan respon yang alami bagi tubuh pada saat terjadi infeksi pada tubuh, seperti pada flu atau saat mengalami kecelakaan. Maka dari itu jangan buru-buru mengkonsumsi obat kimia untuk pereda demam, anda dapat memanfaatkan wortel. Anda dapat meminum perasan air wortel sebanyak-banyaknya. Cara membuatnya adalah dengan memarut 200 gram wortel yang telah dicuci hingga bersih. Setelah diparut, diperas hingga keluar airnya. Air perasan ini direbus dan diminum selagi hangat. Lebih bagus lagi jika dicampurkan madu atau minyak zaitun yang sangat berkhasiat.

Wortel untuk mengobati luka bakar

Wortel dapat digunakan untuk mendinginkan luka bakar dan mencegah infeksi dengan cara menjadi salep. Wortel ditumbuk halus lalu dioleskan pada luka bakar. Anda dapat melakukan hal ini terus menerus hingga luka bakar tidak terasa perih lagi.

Wortel digunakan sebagai penyembuh batuk

Pergantian musim dan polusi udara dapat menyebabkan penyakit batuk yang seringkali tidak kunjung sembuh dalam waktu lama. Namun tidak perlu khawatir, anda bisa mengkonsumsi wortel dua kali sehari untuk menyembuhkannya. Wortel dibuat sebagai minuman dengan cara diparut lalu diperas. Perasan wortel dicampur dengan beberapa sendok air panas dan ditambahkan gula aren atau madu, lalu aduk hingga merata. Minuman penghilang batuk bisa anda nikmati, setidaknya dua kali sehari.
Demikian adalah olahan wortel sebagai obat herbal. Masih ada banyak lagi yang lain, namun pada dasarnya pengolahannya sama, yakni dibuat jus atau perasan air wortel.

0 komentar:

Posting Komentar