9 Binatang Aneh yang Langka di Dunia

Senin, 14 Januari 2013
Di dunia ini banyak sekali binatang. Namun dari sekian banyak binatang tersebut ada yang aneh yang ternyata jarang kita temuai. Berikut adalah 13 Binatang Aneh yang Langka di Dunia versi Serupedia Zone.

1. Okapi



Okapia johnstoni adalah mamalia dari hutan hujan Ituri di Afrika Tengah. Walaupun hewan ini memiliki kesamaan belang kulit dengan zebra, okapi memiliki perkerabatan lebih dekat dengan jerapah. Kemiripannya dengan zebra dan jerapah menimbulkan dugaan adanya persilangan antara keduanya, tapi walaupun adanya kesamaan ciri tertentu, hewan ini sebenarnya tidak secara dekat berkerabat dengan zebra. Hewan yang berasal dari Hutan Hujan Ituri di timur laut Republik Demokratik Kongo ini baru diketahui oleh penduduk setempat pada tahun 1901.


2. Yeti Crab

 

Yeti Crab adalah makhluk yang sangat langka selanjutnya. Berwarna putih dan banyak bulu putih yang menghiasi kakinya. Tidak ada yang tahu kegunaan dari rambut yang melapisi capitnya. Secara teori, rambut ini mungkin berguna menjebak bakteri yang kemudian menyaring racun2 keluar.
3. Pangolin (trenggiling)

 

Hewan ini tampak seperti reptil, namun hewan ini tergolong mamalia. Ada 3 tipe trenggiling: trenggiling pohon, trenggiling darat, dan trenggiling raksasa. Kebanyakan habitat mereka terdapat di Afrika. Ketika merasa takut, mereka akan menggulung dirinya sendiri untuk mempertahankan diri. 
4. Carrier Shell

 

Hewan ini tergolong dalam kelas Moluska, dan menghias cangkangnya sendiri dengan memilih beberapa cangkang lainnya, bebatuan, atau kepingan-kepingan lainnya, lalu menempelkannya ke cangkangnya sendiri. Ada 22 spesies, dan tiap spesies suka menghias cangkangnya dengan benda2 yang disukainya.

5. Whorl-Tooth Shark



Hewan ini hidup lebih dari 250 juta tahun yang lalu, dan sekarang sudah punah. Panjangnya bisa mencapai panjang 13 kaki. Gigi sebelah bawahnya mirip dengan gergaji mesin, sementara gigi sebelah atasnya hanya berisi sedikit gigi.

6. Bongo Antelope


 
Mereka merupakan kijang hutan yang terbesar. Mereka merupakan salah satu spesies kijang, yang tercirikan dari bentuk tanduknya. Di tempat asalnya di Afrika, penduduk setempat tidak memburunya karena dipercaya bahwa daging kijang akan memberikan mereka kesengsaraan. Tapi kijang ini diburu untuk olahraga, dan spesies ini sudah tergolong sebagai spesies langka.

7. Philippine Tarsier


 

Mereka merupakan salah satu hewan terkecil di dunia. Mata mereka sangat besar, dan digunakan seperi sebuah nighvision ketika memburu mangsa. Hewan ini sudah tergolong hewan langka. Hewan ini banyak ditemukan di negara filipina.

8. Thorny Devil


 

Hewan ini dujuluki Moloch, yang artinya setan gunung. Dr. John Grey adalah seorang biologiwan yang menemukan hewan aneh ini ini. Ia mengambil namanya dari dewa Canaanite (Moloch), yang pernah mengorbankan anak-anaknya. Ia dapat tumbuh hingga 8 inchi dan merupakan hewan yang tidak agresif. Ia memiliki kemampuan untuk menyerap air melalui kulitnya.

9. Narwhal


 

Hewan ini sangat jarang terlihat. Narwhal berarti paus mayat; dinamakan demikian karena warna kulitnya yang kebiruan dan bernoda kotor. Hewan ini sangat mirip dengan Unicorn dan memiliki 2 gigi atas. Gigi ini akan tumbuh hingga 7-10 kaki, namun kegunaannya masih belum diketahui.
Sumber : http://www.serupedia.com

0 komentar:

Posting Komentar