7 Bangunan dan Tempat Bersejarah Umat Islam di Jazirah Arab

Minggu, 09 Desember 2012

7 Bangunan dan Tempat Bersejarah Umat Islam di Jazirah Arab

Jazirah Arab memiliki tempat-tempat bersejarah yang penting bagi Umat Islam. Sejarah tentang Nabi dan Rasul tercermin dari peninggalan-peninggalan yang hingga saat ini masih bisa kita nikmati untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Berikut ini kami rangkum 7 Bangunan dan tempat bersejarah Umat Islam di Jazirah Arab.
1. Masjidil Haram
Masjidil Haram dipenuhi Lautan Manusia Saat Musim Haji
Terletak di tengah Kota Mekah, Merupakan masjid tertua di dunia. Masjid ini punya 7 menara dan 19 pintu gerbang. Di dalam Masjid ini terdapat Ka’bah, maqam Ibrahim AS, Hajar Aswad (batu hitam) dan sumur zamzam.
2. Masjidil Aqsa
Masjidil Aqsa yang Asli, kadang orang tertukar dengan Dome OF Rock
Masjid tertua kedua setelah Masjidil Haram, terletak didalam suatu komplek di Kota Yerusalem, Palestina. Masjid ini berkaitan dengan peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW melakukan isra (perjalanan malam hari) dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa sebelum bermikraj ke Sidratulmumtaha. Di dalam komplek ini terdapat Qubbah as Sakhrah atau masjid Umar (The Dome of the Rock)
3. Masjid Nabawi
Masjid Nabawi di Madinah
Dibangun pada Rabiulawal 1/ September 622. Hingga kini jamaah haji selalu berziarah ke Makam Nabi SAW yang terletak didalam komplek Masjid Nabawi, selain itu terdapat pula Makam Abu Bakar as Shiddiq dan Umar bin Khattab. Pada bagian lain terdapat pula taman (raudah) yang terletak diantara bekas rumah Nabi SAW dan mimbar.
 4. Safa dan Marwah
Bukit Safa, Tempat keluarnya air Zam-Zam
Terletak di sebelah selatan dan utara Masjidil Haram. Merupakan tempat Siti Hajar mencarikan air untuk anaknya Ismail As. Siti Hajar berlari mendaki Bukit Safa kemudian turun menuju Bukit Marwah sampai tujuh kali dan akhirnya secara tiba-tiba keluarlah air Zamzam dari dalam tanah. Peristiwa ini kemudian diabadikan umat islam dengan melakukan Sai (lari-lari kecil) pada saat menunaikan ibadah Haji.
5. Gua Hira
Gua Hira, Lokasi Rasulullah menerima wahyu pertama
Adalah sebuah celah sempit di Gunung Hira atau Jabal an-Nur (Gunung Cahaya). Terletak di pinggir jalan menuju Ji’ranah, kurang lebih 6 km sebelah timur laut kota Mekah. Gua ini dipakai Nabi Muhammad SAW untuk bertafakur dan beribadah sebelum menjadi Nabi dan menerima wahyu pertama dari Allah SWT sekaligus dinobatkan sebagai Rasul.
6. Arafah
Padang Arafah, Tempat Wukuf Saat Melaksanakan Rukun Haji
Merupakan padang pasir yang dijadikan tempat pelaksanan wukuf (berdiam diri sejenak) bagi jamaan haji. Terletak sekitar 25 km dari Mekah. Ditempat ini, Nabi Muhammad SAW menyampaikan khotbah terakhir tentang inti ajaran Islam. Ditengah-tengah Padang Arafah terdapat bukit-bukit kecil yang dinamakan “Jabal ar-Rahmah” yang dipercaya sebagai tempat Nabi Adam AS dan Hawa bertemu kembali setelah berpisah karena diusir dari surga.
7. Bukit Mina
Melempar jumrah di Bukit Mina
Merupakan kawasan perbukitan sepanjang 3,2 km yang terletak diantara kota suci Mekah dan Muzdalifah. Terdapat tiga buah tugu atau jumrah yang wajib dilempar oleh setiap orang yang melakukan ibadah haji yaitu Jumrah Ula (pertama), Jumrah Wusta (tengah) dan Jumrah Aqabah (akhir). Ketiga tugu tersebut merupah perwujudan dari iblis yang ingin menggagalkan perintah Allah SWT kepada nabi Ibrahim AS untuk mengurbankan putranya, Ismail AS.
Sumber : blog.innomuslim.com

0 komentar:

Posting Komentar